Senin, 28 Mei 2012

tugas biografi bahasa indonesia






Kompetensi Dasar  : 15.1    Mengungkapkan hal-hal yang menarik tentang tokoh dalam    buku biografi.

Indikator                   : 15.1.1 Mengungkapkan hal-hal yang menarik tentang tokoh dan buku   geografi yang dibaca.
15.1.2 Merefleksikan tokoh dengan diri sendiri.
                                     15.1.3 Menemukan tokoh yang mirip dengan tokoh lain.     
  15.1.4 Menemukan hal-hal yang bisa diteladani tentang tokoh            tersebut.  


















Biografi Drs. Hi. A Nurdin Muhayat


1.Ringkasan Biografi Drs. Hi. A Nurdin Muhayat

Drs. H. A Nurdin Muhayat dengan gelar Sultan Pengirang Sampurna Jaya, lahir di Tanjung Karang pada tanggal 20 Januari 1939. Ia merupakan putra sulung dari dua bersaudara bersama adiknya Suastini Muhayat. Ayahnya  Hi. Muhayat merupakan tokoh adat di Gunung Sugih bergelar Suttan Tuan Suttan dan Ibunya Hj. Harimbi dengan gelar Suhunan Suttan.

Sejak kecil beliau mengenyam pendidikan di Tanjung Karang, mulai dari Sekolah Rakyat, Sekolah Lanjutan Pertama, hingga bangku pendidikan Sekolah Menengah Atas. Pada tahun 1960 beliau melanjutkan pendidikan  ke Bandung menjalankan pendidikannya di Perguruan Tinggi Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran hingga selesai pada tahun 1965.

Pada tanggal 17 September 1967 beliau menikah dengand gadis pujaan hatinya yaitu Suhanaini Gustimego yang merupakan putri dari H. MZ Gustimego dan Hj. Abibah Gelana. Dari pernikahannya beliau dikaruniai 6 orang anak.  H. Nurdin Muhayat  merupakan seorang suami dan ayah yang sangat sayang pada keluarga dan anak-anaknya, beliau selalu mendidik anak-anaknya dengan penuh disiplin.
Drs. H. A Nurdin Muhayat mengawali karirnya di Birokrasi pada tahun 1963 sebagai Asisten Perguruan Tinggi Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran pada tahun 1965 dengan pangkat Letnan I, ia bekerja sebagai Staf Angkatan Bersenjata Wajib Militer HANKAM di Jakarta, kemudian menjadi Pegawai Daerah Pemda Provinsi Lampung, dan menjadi Kabag Komunikasi pada Biro Perekonomian tahun 1968, lalu menjabat sebagai Direktur pada Perusahaan  Daerah Wahana Raharja tahun 1969, Kepala Direktorat Perekonomian tahun 1972, menjabat sebagai Wakil Ketua BKPM di Provinsi Lampung, lalu pada tahun 1986 beliau dipercaya menjadi Walikotamadya Karya Tingkat I Bandar Lampung pada tanggal 3 Juni 1986. Untuk kedua kalinya ia menjabat sebagai Walikota Bandar Lampung pada tanggal 17 Mei 1991.

Karirnya di Birokrasi terus memuncak hingga tahun 1995 ia diangkat sebagai Sekretaris Wilayah Daerah Tingkat I Provinsi Lampung. Saat memimpin sebagai Walikota Bandar Lampung banyak prestasi-prestasi yang telah dibukukan oleh H. Nurdin Muhayat, tidak hanya di Provinsi Lampung tetapi juga di tingkat Nasional. Pada masa kepemimpinannya pula Bandar Lampung dihiasi dengan taman-taman kota yang hijau dan asri yang tersebar di pusat dan sudut kota, hingga ia dikenal dengan sebutan Wagiman (walikota gila taman).
           
Beliau tidak kecewa dijuluki dengan sebutan Wagiman yang terpenting baginya adalah masyarakat dapat merasa senang dan memiliki. Kini ia menjabat  sebagai Pemimpin Lembaga Adat  Masyarakat  Lampung (LMAL), yaitu suatu lembaga yang memiliki komitmen terhadap pelestarian dan pengembangan kebudayan Lampung.


1.        Menentukan Hal-hal yang Menarik dari Tokoh:

1.1   Pada masa kepemimpinannya pula Bandar Lampung dihiasi dengan taman-taman kota yang hijau dan asri yang tersebar di pusat dan sudut kota, hingga ia dikenal dengan sebutan Wagiman (walikota gila taman.
 1.2  Saat memimpin sebagai Walikota Bandar Lampung banyak prestasi-prestasi yang telah dibukukan oleh Hi. Nurdin Muhayat, tidak hanya di tingkat Provinsi Lampung tetapi juga di tingkat Nasional.
1.3   Sebagai putra daerah Lampung ia sangat menjunung tinggi nilai-nilai budayanya.
1.4    Semasa kepemimpinanya Provinsi Lampung banyak meraih prestasi diantaranya mendapatkan penghargaan Adipura.
1.5   H.Nurdin Muhayat merupakan tokoh yang sangat disiplin dan sangat menghargai waktu.
1.6 H. Nurdin Muhayat merupakan panutan yang sangat baik bagi keluarga dan rakyatnya.
  
2.         Merefleksikan tokoh dengan diri sendiri.

2.1  Hi.Nurdin Muhayat adalah sosok yang disiplin, begitu pun dengan saya.
2.2  Hi.Nurdin Muhayat tumbuh di lingkungan keluarga yang menekankan pada kedisiplinan, begitu pun dengan saya.
2.3  Hi.Nurdin Muhayat merupakan seseorang yang sangat tepat waktu, begitu pun dengan saya.


3.        Menemukan tokoh yang mirip dengan tokoh lain.     

3.1  Bpk. Susilo Bambang Yudhoyono( Presiden RI )
3.2  Bpk. Sutiyoso ( mantan Gubernur DKI Jakarta )
3.3  Bpk. Sjachroedin ZP ( Gubernur Lampung )


4.        Menemukan hal-hal yang bisa diteladani tentang tokoh tersebut.  

4.1     H. Nurdin Muhayat adalah seorang yang disiplin, taat beribadah dan sangat sayang pada keluarganya.
4.2   H. Nurdin Muhayat merupakan seorang pekerja keras.
4.3   H. Nurdin Muhayat merupakan tokoh yang ulet, terbukti dengan banyaknya prestasi-prestasi yang telah ia bukukan untuk provinsi Lampung.
4.4   H. Nurdin Muhayat merupakan putra daerah Lampung yang berperan besar dalam     upaya pengembangan kebudayaan Lampung.
4.5  H. Nurdin Muhayat memiliki empat prinsip dalam melaksanakan tugas yang diamanahkan padanya yaitu: memegang disiplin yang teguh, bekerja tanpa pamrih, ikhlas , dan berserah diri pada Allah SWT.
4.6  H.Nurdin Muhayat merupakan tokoh yang sangat bertanggungjawab bagi keluarga dan masyarakat yang dipimpinnya. 


Oleh :
Putri Setiani
XI IPA 1

0 komentar:

Posting Komentar